Pengertian Dukungan Sosial (skripsi dan tesis)

Menurut Chaplin (dalam Marni dan Yuniawati, 2015) bahwa pengertian dari kata dukungan adalah mengadakan atau menyediakan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan orang lain, serta memberikan dorongan atau pengobatan semangat dan nasihat kepada orang lain dalam satu situasi dalam mengambil keputusan. Hal ini berangkat dari kenyataan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karenanya saling mendukung merupakan salah satu strategi yang dapat dikembangkan untuk bertahan hidup. Apabila difokuskan pada pengertian dukungan sosial maka menurut Sarafino (dalam Sari dan Ratnaningsih 2016), dukungan sosial mengacu pada kenyamanan, kepedulian, penghargaan, atau bantuan yang dirasakan individu yang diterima dari orang lain atau kelompoknya. Dengan adanya dukungan sosial akan membuat individu merasa nyaman, dicintai, dihargai, dan dibantu oleh orang lain maupun suatu kelompok.

Menurut King (2010) dukungan sosial  adalah informasi dan umpan balik dari orang lain yang menunjukkan bahwa seseorang dicintai, diperhatikan, dihargai, dihormati, dan dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban yang timbal balik. Menurut Brownel dan Shumaker (dalam Rima & Raudatussalamah, 2012) diuraikan bagaimana dukungan social memberikan efek tidak langsung  dalam mempengaruhi kesejahteraan individu dengan mengurangi tingkat keparahan stress dari suatu peristiwa. Dukungan sosial melibatkan hubungan sosial yang berarti, sehingga dapat menimbulkan pengaruh positif bagi si penerimanya.

Menurut Baron & Byme (dalam Emeralda dan Kristiana, 2017) bahwa dukungan social adalah kenyamanan secara fisik dan psikologis yang diberikan oleh orang lain. Dukungan sosial yang dirasakan individu dapat diterima dari berbagai pihak, yang diberikan baik secara disadari maupun tidak. disadari oleh pemberi dukungan. Menurut Taylor (2012)  bahwa dukungan sosial adalah informasi dari orang yang dicintai dan dipedulikan, dihormati dan dihargai, serta bagian dari hubungan dan kewajiban bersama. Dengan adanya dukungan sosial yang diberikan orang-orang yang terdekat maka orang yang dicintai dan dihormati individu akan lebih bermanfaat daripada dukungan dariorang asing atau yang memiliki hubungan jauh dengan individu.

Berdasarkan pada beberapa teori yang mengemukakan tentang dukungan sosial diatas, bahwa dukungan sosial yaitu berupa dukungan pada seseorang dalam menghadapi masalah seperti nasihat, kasih sayang, perhatian, petunjuk, dan dapat juga berupa barang atau jasa yang diberikan oleh keluarga maupun teman.