Peran Perceived Organizational Support (skripsi dan tesis)

Peran Perceived Organizational Support dalam mempengaruhi perilaku karyawan dapat dipahami oleh tiga proses (Baran et al., 2012), yaitu:
1. Berdasarkan norma timbal balik, hubungan antara organisasi dan karyawan harus timbal balik. Ketika sebuah organisasi menunjukkan dukungan yang tinggi, maka karyawan merasa berkewajiban untuk mengembalikan kebaikan tersebut dengan menunjukkan sikap dan perilaku positif. Sebaliknya, bila Perceived Organizational Support terlihat rendah, karyawan cenderung cenderung melakukan reaksi balik dalam bentuk sikap dan perilaku negatif.
 2. Karyawan menganggap organisasinya sebagai sumber daya sosial emosional dan berdedikasi untuk bekerja karena merasa dihargai, diperhatikan, dan dihargai. Sebagai konsekuensinya, identifikasi emosional terhadap organisasi dapat meningkat dengan tingkat kepuasan kerja tim yang lebih tinggi dan persepsi yang meningkat terhadap citra positif perusahaan.
3. Kepercayaan bahwa seseorang dihargai secara adil dalam organisasi memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik dan terlibat dalam kegiatan tanpa imbalan nyata