Dimensi Organizational Citizenship Behavior (skripsi dan tesis)

 Berdasarkan beberapa referensi yang telah dikaji tentang dimensi perceived organizational support, terdapat beberapa pengukuran dimensi organizational citizenship behavior. Pertama, dimensi OCB berdasarkan Organ (Chiang dan Hsieh, 2012) adalah sebagai berikut: 1) Altruism: mengambil inisiatif untuk membantu anggota organisasi dalam memecahkan masalah. 2) Conscientiousness (bersikap hati-hati): bekerja berdasarkan aturan, bekerja melebihi kewajiban melalui kerja keras. 3) Sportmanship (sikap sportif): perilaku mematuhi peraturan organisasi, menoleransi situasi yang tidak sempurna tanpa complain. 24 4) Courtesy (kesopanan): perilaku mengingatkan dan menginformasikan kepada rekan kerja yang lain untuk menghindari masalah pekerjaan. 5) Civic virtue (kebajikan): perilaku loyal, mengingatkan pengumuman dan proaktif ketika berpartisipasi dalam aktifitas organisasi.
 Selanjutnya, Dimensi OCB berdasarkan Kamali dan Moeslemiur (2016) berikut ini memiliki kemiripan dengan dimensi OCB yang disampaikan oleh Chiang dan Hsieh (2012) yaitu penjelasan dari dimensi loyalty dan complaisance serupa dengan civic virtue, penjelasan dari chilvary serupa dengan sportsmanship. 1) Loyalty: perilaku yang menuntun seseorang dalam menunjukkan kewajiban mereka memiliki tingkatan yang sedikit lebih tinggi dari pada tingkat yang diharapkan, (contoh: seseorang yang tidak menyelipkan makan siang atau tidak menghentikan pekerjaan kecuali dalam keadaan darurat). 2) Courtesy: perilaku sopan yang mencegah terjadinya masalah di tempat kerja. (contoh: seseorang mencoba untuk menghindari rekan kerja mereka atau mendiskusikan dengan yang lain sebelum peristiwa terjadi). 3) Altrurism: perilaku menolong yang dilakukann seseorang untuk membantu rekan kerja dan hubungannya terhadap kewajiban dan isu organisasi secara spesifik, (contoh: seseorang membantu rekan kerja dengan pekerjaan yang berat dan menolong mereka yang memiliki masalah secara sukarela). 4) Chilvary: perlakuan adil tentang mencegah complain di tempat kerja.  5) Complaisance: perilaku mewakili keterlibatan tanggung jawab individu dalam aktivitas organisasi, (contoh: seorang mengerjakan tugas diluar kewajiban).

 Selanjutnya Velickovska (2017) menambahkan organizational citizenship behavior terdiri dari tujuh komponen yaitu helping behavior, sportsmanship, organizational loyalty, organizational compliance, individual initiative, civic virtue dan self development. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing komponen: 1) Helping behavior (perilaku menolong) merupakan perilaku menolong orang lain yang berhubungan dengan pekerjaan atau melakukan tindakan untuk mencegah permasalahan. 2) Sportmanship didefinisikan sebagai perilaku yang tidak hanya meliputi pengorbanan tetapi juga memotivasi orang lain selama menghadapi masalah. 3) Organizational loyalty merupakan perilaku loyal terhadap organisasi. 4) Organizational compliance yaitu komplain terhadap peraturan dan prosedur organisasi. 5) Individual initiative merupakan peran ekstra dalam menyelesaikan pekerjaan 6) Civic virtue merupakan berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi 7) Self development merupakan pengembangan diri karyawan dengan berkontribusi aktif bagi keuntungan organisasi. Berdasarkan penjelasan dari dimensi organizational citizenship behavior dari Velickovska (2017), dimensi helping behavior dan indivual initiative termasuk dalam perilaku altruism dalam Chiang dan Hsieh (2012), penjelasan dimensi self development juga memiliki makna yang sama dengan dimensi civic virtue berdasarkan Chiang dan Hsieh (2012). Ketiga peneliti memiliki maksud yang sama dalam unsur-unsur dimensi yang dijelaskan, penelitian ini mengacu pada penjelasan dimensi dalam Chiang dan Hsieh (2012) karena kelima unsur dimensi yang dijelaskan relevan dengan perilaku yang perlu diterapkan oleh subjek penelitian (karyawan bank)