Aspek- aspek Lingkungan Kerja Non Fisik (skripsi dan tesis)

Ada 5 aspek lingkungan kerja non fisik menurut Sihotang (2004) yang bisa mempengaruhi perilaku karyawan, yaitu :

a. Struktur kerja, yaitu sejauh mana bahwa pekerjaan yang diberikan kepadanya memiliki struktur kerja dan organisasi yang baik.

b. Tanggung jawab kerja, yaitu sejauh mana pekerja merasakan bahwa pekerja mengerti tanggung jawab mereka serta bertanggung jawab atas tindakan karyawan.

c. Perhatian dan dukungan pemimpin, yaitu sejauh mana karyawan merasakan bahwa pimpinan sering memberikan pengarahan, keyakinan,perhatian serta menghargai mereka.

d. Kerjasama kelompok kerja, yaitu sejauh mana karyawan merasakan adakerjasama yang baik di antara sesame kelompok kerja yang ada.

e. Komunikasi yang baik,yaitu terbuka, dan lancar, baik antara teman sekerja ataupundengan pimpinan.

Menurut Nawawi (2003) Aspek-aspek yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja non fisik antara lain :

a. Motivasi manusia dalam membangun hubungan kerja yaitu motivasi kerja terbentuk dari sikap atau attitude individu dalam menghadapi situasi kerja

b. Hubungan relasi di lingkungan kerja yaitu perlu diciptakan agar iklim kerja dalam organisasi menjadi kondusif, mengelola hubungan kerja yaitu adanya kecocokan, mengetahui posisi diri, adanya peraturan waktu.

c. Menjaga keharmonisan dan tidak mengumbar kemarahan kepada orang lain d. komunikasi dalam menciptakan hubungan tim kerja yaitu ketrampilan utama kecerdasan emosional dengan mengetahui cara berkomunikasi dengan menggunakan intelektual dan perasaan