- Upah Minimum Provinsi
UMP adalah upah terendah yang berlaku untuk satu provinsi yang
ditetapkan oleh Gubernur setiap 1 November dan mulai berlaku 1 Januari tahun
berikutnya. Dalam menetapkan UMP, gubernur mendengarkan saran dan
masukan dari dewan pengupahan provinsi. - Upah Minimum Kota
UMK adalah upah terendah yang berlaku untuk satu kabupaten/kota
yang ditetapkan oleh gubernur selambat-lambatnya pada 21 November setelah
penetapan UMP, dan berlaku mulai 1 Januari tahun berikutnya. UMK tidak
boleh lebih rendah dari UMP. Dalam menetapkan UMP, gubernur
mempertimbangkan rekomendasi dari dewan pengupahan provinsi dan
bupati/wali kota. Apabila gubernur tidak menetapkan UMK, maka upah yang
berlaku di kabupaten/kota tersebut adalah sama dengan UMP. - Upah Minimum Sektoral (UMS)
UMS adalah upah terendah yang berlaku secara sektoral dalam satu
provinsi (UMSP) atau satu kabupaten/kota (UMSK), yang mana setiap sektor
dikelompokkan menurut klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia (KBLI).
UMSP tidak boleh rendah dari UMP dan UMSK tidak boleh lebih rendah dari
UMK.
Untuk menetapkan UMSP dan UMSK, dewan pengupahan provinsi atau
kabupaten/kota melakukan penelitian serta menghimpun data mengenai
homogenitas dan jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, devisa yang
dihasilkan, nilai tambah, kemampuan perusahaan, asosiasi pengusaha, dan
serikat pekerja terkait. Besaran UMSP dan UMSK disepakati oleh asosiasi
perusahaan dan serikat pekerja di sektor yang bersangkutan. - Upah Minimum Regional (UMR)
UMR adalah upah terendah yang berlaku di suatu daerah. Dalam ketiga
peraturan perundang-undangan di atas, istilah UMR kini sudah tidak digunakan
lagi, dan diganti oleh UMP dan UMK.
Upah minimum hanya berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja
kurang dari setahun di perusahaan. Jadi, karyawan yang punya masa kerja lebih
dari setahun harus dibayar lebih
