Komponen Dalam Kecerdasan Spiritual (skripsi dan tesis)

Sinetar (2001 dalam Safaria, 2007) menjelaskan beberapakarakteristik seseorang yang memiliki potensi kecerdasan spiritual yangtinggi. Adapun karakteristik tersebut antara lain adalah :

  1. Memiliki kesadaran diri yang mendalam dan intuisi yang tajam.

Ciri utama munculnya kesadaran diri yang kuat pada seseorang adalah iamemiliki kemampuan untuk memahami dirinya sendiri serta memahamiemosi-emosinya yang muncul, sehingga mampu berempati dengan apayang terjadi pada orang lain. Selain itu seseorang juga memiliki intuisiyang tajam sehingga ia memiliki kemampuan untuk mengendalikanperilakunya sendiri. Disamping itu seseorang juga memiliki kepercayaandiri yang tinggi dan kemauan yang keras untuk mencapai tujuannya sertamemiliki keyakinan dan prinsip-prinsip hidup

  1. Memiliki pandangan yang luas terhadap dunia dan alam.

Seseorang melihat dirinya dan orang lain saling terkait, menyadari bahwa bagaimanapun kosmos ini hidup dan bersinar sehingga seseorang dapat melihat bahwa alam adalah sahabat manusia, muaranya ia memiliki perhatian yang mendalam terhadap alam sekitarnya, dan mampu melihat bahwa alam raya ini diciptakan oleh zat yang Maha Tinggi, yaitu Tuhan.

  1. Memiliki moral yang tinggi dan kecenderungan merasa gembira.

Seseorang memiliki moral yang tinggi, mampu memahami nilai-nilai kasih sayang, cinta, penghargaan kepada orang lain, senang berinteraksi,cenderung selalu merasa gembira dan membuat orang lain gembira.

  1. Memiliki pemahaman tentang tujuan hidupnya.Seseorang dapat merasakan arah nasibnya, melihat berbagai kemungkinan, seperti cita-cita yang suci diantara hal-hal yang biasa.
  2. Memiliki keinginan untuk selalu menolong orang lain, menunjukkan rasakasih sayang terhadap orang lain, dan pada umumnya memilikikecenderungan untuk mementingkan kepentingan orang lain.f. Memiliki pandangan pragmatis dan efesien tentang realitas.Seseorang memiliki kemampuan untuk bertindak realistis, mampu melihatsituasi sekitar, dan mau perduli dengan kesulitan orang lain.

Menurut Robert (dalam Saifullah, 2005) menjelaskan lima karakteristik orang yang cerdas secara spiritual yaitu :

  1. Kemampuan untuk mentransendensikan yang fisik dan material.

Seseorang menyadari bahwa kehadiran dirinya di dunia merupakan anugerah dankehendak Tuhan dan menyadari bahwa Tuhan selalu hadir dalamkehidupannya.

  1. Kemampuan untuk mengalami tingkat kesadaran yang memuncak.

Seseorang menyadari bahwa ada dunia lain di luar dunia kesadaran yangditemuinya sehari-hari sehingga ia meyakini bahwa Tuhan pasti akanmembantunya dalam menyelesaikan setiap tantangan yang sedang dihadapinya. Dengan demikian, ia terhubung dengan kesadaran kosmis diluar dirinya

  1. Kemampuan mensakralkan pengalaman sehari-hari.

Ciri ketiga ini, terjadi ketika kita meletakkan pekerjaan biasa dalam tujuanyang agung dan mulia.

  1. Kemampuan untuk menggunakan sumber-sumber spiritual buat menyelesaikan masalah dan kemampuan untuk berbuat baik.

Orang yang cerdas secara spiritual, dalam memecahkan persoalan hidupnya selalu menghubungkannya dengan kesadaran nilai yang lebih mulia daripada sekadar menggenggam kalkulasi untung rugi yang bersifat materi.

  1. Memiliki rasa kasih yang tinggi pada sesama makhluk Tuhan

Seseorang tidak akan kehilangan pijakan kakinya di bumi realitas, hal ini ditunjukkan dengan menebar kasih sayang pada sesam

Menurut Zohar dan Marshal (2004) komponen dalam kecerdasan spiritual adalah :

1) Kemampuan bersikap fleksibel(adaptif secara spontan dan aktif),

2) Tingkat kesa-daran tinggi,

3) Kemampuan mengadaptasi dan memanfaatkan penderitaan,

4) Kemampuan meng-hadapi dan melampaui rasa sakit,

5) Kualitas hidupyang diilhami oleh visi dan misi,

6) Keengganan untukmenyebabkan kerugian yang tidak perlu,

7) Kecen-derungan untuk melihat keterkaitan antara berbagaihal (berpendangan holisitik),

8) Kecenderungan nyatauntuk bertanya ”mengapa atau bagaimana jika” untukmencari jawaban mendasar,

9) Pemimpin yang penuhpengabdian dan bertanggung jawab