Fungsi Inventory (skripsi dan tesis)

Persediaan berfungsi untuk :

  1. Untuk menghadapi ketidakpastian dalam kebutuhan (demand) dan pasokan (supply). Ketidakpastian bisa berupa dalam hal jumlah atau waktu. Ketidakpastian kwantitas supply dapat disebabkan oleh adanya reject dalam penerimaan, kekosongan di pasaran, dll. Untuk mengatasi hal ini digunakan safety stock.
  2. Untuk memungkinkan pemesanan atas dasar jumlah ekonomis (economics of scale). Agar bisa tercapai prinsip ini, pemesanan didasarkan pada kwantitas pada unit biaya terendah.
  3. Decoupling, yaitu penggunaan inventory untuk membuat satu proses agar tidak tergantung dengan proses lainnya. Dengan menyediakan stock diantara dua proses, apabila proses pertama mengalami permasalahan (quality atau repair/maintenance), proses berikutnya tetap dapat berjalan.
  4. Antisipasi, bisa berupa antisipasi untuk pemenuhan kebutuhan yang bersifat musiman, karena ada promosi khusus, pemogokan, dll. Apabila hal diatas telah selesai atau telah diatasi, persediaan bisa dikembalikan ke tingkat normal. Fungsi ini bisa juga disebut Product Smoothing.