Faktor-faktor Dominan Penentu Persediaan (skripsi dan tesis)

  1. Perkiraan pemakaian

Penentuan besarnya pemakaian material yang diperlukan harus sesuai dengan kebutuhan material tersebut dalam suatu periode tertentu. Pemakaian material pada suatu periode yang lalu (actual usage) dapat digunakan untuk memperkirakan kebutuhan dimasa mendatang.

  1. Harga material

Harga material merupakan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi besarnya persediaan yang harus diadakan. Harga material ini bila dikalikan dengan jumlah bahan yang diperlukan merupakan kebutuhan modal yang harus disediakan untuk membeli persediaan tersebut.

  1. Biaya persediaan

Terdapat 2 jenis biaya untuk menyelenggarakan persediaan material, yaitu biaya pemesanan (ordering cost) dan biaya penyimpanan (carrying cost). Biaya pemesanan terdiri dari biaya telepon untuk pemesanan, biaya bongkar muat, biaya pengiriman, dan biaya lain yang berkaitan dengan pemesanan bahan sampai bahan masuk gudang. Adapun biaya penyimpanan meliputi biaya sewa gudang, biaya asuransi, bunga modal, biaya kerusakan material selama disimpan.

Terdapat satu lagi jenis biaya yang berkaitan dengan pengelolaan persediaan, yaitu Cost of Shortage (biaya akibat terjadinya kehabisan stock atau stockout)

  1. Lead time

Waktu menunggu pesanan (lead time) adalah waktu antara atau tengang waktu sejak pesanan dilakukan sampai dengan saat pesanan tersebut masuk ke gudang. Waktu tenggang ini merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar barang yang dipesan datang tepat pada waktunya. Jadi lead time perlu untuk menentukan saat pemesanan kembali (re-order).