Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perceived Organizational Support (skripsi dan tesis)

 Menurut Kurtessis et al. (2015), Perceived Organizational Support sangat bergantung pada atribusi karyawan mengenai tujuan organisasi di balik penerimaan mereka atas perlakuan yang baik atau tidak baik. Perceived Organizational Support memulai proses pertukaran sosial dimana karyawan merasa berkewajiban untuk membantu organisasi mencapai tujuan dan sasarannya dan mengharapkan peningkatan upaya atas nama organisasi akan menghasilkan penghargaan yang lebih besar. Perceived Organizational Support juga memenuhi kebutuhan emosional sosial, menghasilkan identifikasi dan komitmen yang lebih besar terhadap organisasi, peningkatan keinginan untuk membantu organisasi berhasil, dan kesejahteraan psikologis yang lebih besar.
1. Atribut Karyawan
 Perceived Organizational Support harus ditingkatkan sampai pada tingkat dimana karyawan mengaitkan perlakuan baik yang diterima dari organisasi dengan pertimbangan positif. Kebijakan organisasi saat memberikan perlakuan yang baik, berlawanan dengan faktor asing seperti pasar kerja yang ketat atau peraturan pemerintah, harus meningkatkan Perceived Organizational Support. Demikian pula, memberikan manfaat yang digunakan oleh karyawan, dan karena itu khusus untuk kebutuhan karyawan harus meningkatkan Perceived Organizational Support.
2. Pertukaran Sosial

Pertukaran sosial dimana pekerjaan dipandang sebagai perdagangan usaha dan kesetiaan oleh karyawan untuk keuntungan nyata dan sumber daya sosial dari organisasi. Perceived Organizational Support harus mendapatkan norma timbal balik, yang mengarah pada kewajiban yang dirasakan untuk membantu organisasi, serta harapan bahwa peningkatan kinerja atas nama organisasi akan diperhatikan dan dihargai.
3. Peningkatan diri
 Perceived Organizational Support juga memenuhi kebutuhan emosional sosial, sehingga menghasilkan identifikasi dan komitmen yang lebih besar terhadap organisasi, sebuah keinginan yang meningkat untuk membantu organisasi tersebut berhasil, dan kesejahteraan psikologis yang lebih besar. Perceived Organizational Support diasumsikan memenuhi kebutuhan emosional sosial (persetujuan, penghargaan, afiliasi, dan dukungan emosional), yang mengarah ke identifikasi dengan organisasi.