Cara Meningkatkan Affective Commitment yang Efektif (skripsi dan tesis)

Menurut Eisenberger et al. (2010) Meningkatkan komitmen organisasi afektif yang efektif dalam tiga cara, yaitu:

1. Karyawan mengaitkan perlakuan yang baik dengan supervisor kepada organisasi dan, sebagai hasilnya, merasa berkewajiban terhadap organisasi. mengemukakan bahwa tindakan oleh organisasi yang menunjukkan kepedulian dan penghargaan positif terhadap karyawan bertindak untuk meningkatkan komitmen afektif melalui norma timbal balik. Dengan demikian, karyawan yang menafsirkan perhatian supervisor dan hal positif dari organisasi harus merasa berkewajiban untuk mengembalikan perhatian dan perhatian positif yang menghasilkan komitmen organisasi afektif yang meningkat.
 2. Keyakinan bahwa seseorang memiliki hubungan yang lebih kuat dengan organisasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan akan persetujuan, penghargaan, afiliasi, dan dukungan sosioemosional. Pemenuhan kebutuhan sosioemosional tersebut meningkatkan identifikasi karyawan dengan organisasi dan komitmen afektif. Konsisten dengan peran perlakuan yang menguntungkan oleh organisasi dalam memenuhi kebutuhan sosioemosional, bahwa karyawan yang tinggi dalam kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, penghargaan, afiliasi, dan dukungan emosional menanggapi perlakuan yang baik dari organisas dengan peningkatan peran ekstra.
 3. Generalisasi hubungan pertukaran yang baik dari atasan ke organisasi, meningkatkan komitmen organisasional dengan meningkatkan mood positif karyawan di tempat kerja.