Statistik Parametrik (skripsi dan tesis)

  1. Pengertian

Statistik Parametrik, yaitu ilmu statistik yang mempertimbangkan jenis sebaran atau distribusi data, yaitu apakah data menyebar secara normal atau tidak.

Statistik parametrik digunakan untuk menguji hipotesis dan variabel yang terukur. Dengan kata lain, data yang akan dianalisis menggunakan statistik parametrik harus memenuhi asumsi normalitas. Pada umumnya, jika data tidak menyebar normal, maka data seharusnya dikerjakan dengan metode statistik non-parametrik, atau setidak-tidaknya dilakukan transformasi terlebih dahulu agar data mengikuti sebaran normal, sehingga bisa dikerjakan dengan statistik parametrik.

  1. Syarat-syarat statistik parametrik :
  2. Data dengan skala interval dan rasio
  3. Data menyebar/berdistribusi normal
  4. Contoh metode statistik parametrik :
  5. Uji-z (1 atau 2 sampel)
  6. Uji-t (1 atau 2 sampel)
  7. Korelasi pearson,
  8. Perancangan percobaan (one or two-wayanova parametrik), dll.
  9. Keunggulan dan kelemahan statistik parametrik
  10. Keunggulan

1)   Syarat syarat parameter dari suatu populasi yang menjadi sampel biasanya tidak diuji dan dianggap memenuhi syarat, pengukuran terhadap data dilakukan dengan kuat.

2)   Observasi bebas satu sama lain dan ditarik dari populasi yang berdistribusi normal serta memiliki varian yang homogen.

  1. Kelemahan

1)   Populasi harus memiliki varian yang sama.

2)   Variabel-variabel yang diteliti harus dapat diukur setidaknya dalam skala interval.

3)   Dalam analisis varian ditambahkan persyaratan rata-rata dari populasi harus normal dan bervarian sama, dan harus merupakan kombinasi linear dari efek-efek yang ditimbulkan.