Tipe-tipe pembelian impulsif (skripsi dan tesis)

berdasarkan penelitian yang dilakukan sebelumnya, pembelian yang tidak terencana atau pembelian impulsif dapat diklasifasikan dalam empat tipe: planned impulsive buying, reminded impulsive buying, suggestion impulsive buying, dan pure impulsive buying (Hodge, 2004 dalam Japrianto dan Sugiharto 2011) :
a. Pure Impulsive Buying merupakan pembelian secara impulsif yang dilakukan karena adanya luapan emosi dari konsumen sehingga melakukan pembelian terhadap produk di luar kebiasaan pembeliannya.
 b. Reminder Impulsive Buying merupakan pembelian yang terjadi karena konsumen tiba-tiba teringat untuk melakukan pembelian produk tersebut. Dengan demikian konsumen telah pernah melakukan pembelian sebelumnya atau telah pernah melihat produk tersebut dalam iklan.
c. Suggestion Impulsive Buying merupakan pembelian yang terjadi pada saat konsumen melihat produk, melihat tata cara pemakaian atau kegunaannya, dan memutuskan untuk melakukan pembelian.
d. Planned Impulsive Buying merupakan pembelian yang terjadi ketika konsumen membeli produk berdasarkan harga spesial dan produkproduk tertentu. Dengan demikian planned impulsive buying merupakan pembelian yang dilakukan tanpa direncanakan dan tidak memerlukannya dengan segera.