Tahap-tahap pelaksanaan terapi kelompok suportif (skripsi dan tesis)

Brabender, Fallon dan Smolar (2004) menjelaskan program dalam terapi kelompok suportif bergerak secara dinamis sepanjang kontinum tiap sesinya. Terapi kelompok suportif mengombinasikan formulasi yang berbeda-beda dengan mengikuti rangkaian tertentu. Rangkaian ini mungkin digunakan  secara tidak berurutan disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Rangkaian terapi kelompok suportif adalah sebagai berikut:
 a. Pendekatan deduktif Pendekatan ini biasanya digunakan pada tahap awal pertemuan. Terapis berperan sebagai edukator dan peserta aktif memberikan pertanyaan pada terapis.
 b. Pendekatan interaktif Pendekatan ini biasanya digunakan pada pertengahan pertemuan. Terapis mengenalkan tema diskusi. Kemudian, peserta kelompok akan mendiskusikan tema tersebut secara lebih mendalam sesuai dengan pengalaman mereka. Peserta kelompok akan merasa semakin nyaman pada bagian ini.
 c. Pendekatan induktif Pendekatan ini biasanya digunakan pada tahap akhir pertemuan. Pada tahap ini peserta merasa semakin lekat dengan kelompok. Hal ini menyebabkan peserta merasa semakin leluasa untuk lebih mendalami tema yang telah dibahas pada tahap sebelumnya.