Rasio Keuangan (skripsi dan tesis)

Analisis rasio keuangan adalah metode  yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kesehatan keuangan perusahaan. Menurut Horne dan Wachowich (2005;132) “ To evaluate the financial condition and performance of the firm, the analyst need to perform checkup on various aspects of a firm’s financial health. A tool frequently used during these checkups is financial ratio. Or index which related two pieces of financial data by deviding one quantity by other”. Rasio keuangan dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk analisis, monitoring dan perencanaan :

  1. Sebagai alat analisis, rasio keuangan dapat membantu pihak manajemen dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pada perusahaan pada area investasi, pendanaan dan dividen. Rasio keuangan juga dapat digunakan untuk menilai kelangsungan hidup perusahaan sebagai an ongoing enterprise dan menentukan apakah return yang diperoleh sesuai dengan resiko yang dihadapi.
  2. Sebagai alat monitoring, melalui pemeriksaan secara teratur dari rasio keuangan yang relevan, manajemen dapat memonitor setiap operasi perusahaan. Dengan demikian pihak manajemen dapat mengetahui kemajuan yang dicapai perusahaan dengan membandingkan data rasio keuangan dimasa lalu atau dengan perusahaan sejenis.
  3. Rasio keuangan mempunyai peranan yang efektif pada perencanaan. Perencanaan merupakan kunci sukses bagi manajer keuangan, dengan data rasio keuangan dapat dibuat rencana keuangan perusahaan dimasa yang akan datang yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan saat ini.